IBU IBU HOTLINE KJRI OSAKA KAMPRET

ketika tinggal di jepang gue terbiasa dengan pelayanan jepang yang serba melayani, memberi solusi dan sangat mengayomi jika ada orang asing yang tidak mengerti. setelah trgaedi paspor raib entah kemana, selama gue tinggal di jeang jarang berhadapan dengan pealayan masyarakat dari orang indonesia, gue akhirnya menghubungi konsulat indonesia jepang di osaka, gue menelpon hotline yang ada di nomor itu, dan saat gue ceritakan bahwa sebentar lagi gue harus memperbarui izin tinggal di sini, ibu ibu itu sama sekali enggak memberi gue keringanan karena gue enggak punya jadwal libur yang pas untuk membuat paspor ke osaka, ibu ibu itu sama sekali tidak memberikan solusi malah ada kalimat seperti minta dikasihani dengan kata, ‘maaf ya saya di sini juga perlu libur, dan sudah ada tanggal yang disediakan, jika tidak bisa maka ambil saja libur dari perusahaan dan datang ke sini.’ kita juga di sini butuh istirahat, kita juga lagi puasa.’ kata si ibu ibu hotline itu

di sini memang salah gue nelpon malam malam karena terlalu kagetternyata mengirim dokumennya terakhir tanggal 10 dan hari ini adalah tanggal 10 maret, kaget banget kan.

akhirnya gue telpon lah ibu ibu hotline itu waktu malam karena gue kaget dan gue minta maaf karena sudha menggangu malam malam, tapi kenapa sih orang indonesia selalu ada kata minta dikasihani seperti itu.

untuk gue yang gampang tersinggung, kata kata itu gue pikir sangat tidak elegan dan jika memang tidak ingin berpikir untuk mencari solusi maka tidak perlu keluar kata kata seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *